Pages

Jumat, 27 September 2019

Peran Teknologi Sebagai Penunjang Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0


Saat ini, dunia tengah memasuki era revolusi industri 4.0. atau revolusi industri dunia ke-empat dimana teknologi telah menjadi sesuatu yang tidak dapat di lepaskan dalam kehidupan manusia. Segala hal menjadi  tidak terbatas akibat perkembangan internet dan teknologi digital. Era ini telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan terutama dalam bidang pendidikan.

Dalam ranah pendidikan, Pendidikan 4.0 merupakan istilah umum yang digunakan oleh para ahli teori pendidikan untuk menggambarkan berbagai cara untuk mengintegrasikan teknologi cyber baik secara fisik maupun tidak ke dalam pembelajaran. Ini adalah lompatan dari pendidikan 3.0 yang mencakup pertemuan ilmu saraf, psikologi kognitif, dan teknologi pendidikan, menggunakan teknologi digital dan mobile berbasis web, termasuk aplikasi, perangkat keras dan perangkat lunak dan hal lain dengan E di depannya.

Pendidikan 4.0 adalah fenomena yang merespon kebutuhan revolusi industri keempat dimana manusia dan mesin di selaraskan untuk mendapatkan solusi, memecahkan masalah dan tentu saja menemukan kemungkinan inovasi baru. Pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi, menyesuaikan kurikulum pendidikan dengan tantangan dan kebutuhan pada era sekarang ini. Kurikulum yang membuka akses bagi generasi milenial mendapatkan ilmu dan pelatihan untuk menjadi pekerja yang kompetitif dan produktif.
Berbicara masalah revolusi industri 4.0 dan kaitannya dengan pendidikan  tentu saja dunia pendidikan adalah hal yang utama dan sentral untuk mengikuti arus revolusi industri ini karena akan mencetak dan menghasilkan generasi-generasi berkualitas yang akan mengisi revolusi industri 4.0. Pendidikan di era revolusi industri 4.0 berupa perubahan dari cara belajar, pola berpikir serta cara bertindak para peserta didik dalam mengembangkan inovasi kreatif berbagai bidang.
Revolusi industri 4.0 telah merubah berbagai aspek kehidupan terutama dalam bidang pendidikan. Tidak bisa di pungkiri bahwa teknologi multimedialah yang saat ini mampu menarik perhatian lebih dari siswa daripada pembelajaran dengan metode klasikal yang cenderung kuno. Hal tersebut karena dapat mengintegrasikan teks, grafik, animasi, audio dan video. Multimedia telah mengembangkan proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih dinamik.

Dengan berkembangnya teknologi multimedia, unsur-unsur video,bunyi, teks dan grafik dapat dikemas menjadi satu melalui Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK). Sekarang ini, materi PBM telah banyak ditemukan di pasaran baik berbentuk CD ataupun DVD. Di tambah lagi dengan semakin berkembang pesatnya internet yang membuat segalanya semakin tidak terbatas. Kondisi yang perlu didukung oleh internet berkaitan dengan strategi pembelajaran yang akan dikembangkan, yaitu sebagai kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk mengajak siswa dalam memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan dalam rangka mengerjakan tugas-tugas tersebut. (Boettcher, 1999).

Teknologi seakan menjadi nyawa dalam pendidikan di era ini karena tanpa teknologi, pendidik telah tergantikan oleh robot. Dengan seperti itu, di kembangkanlah berbagai media pembelajaran dengan berbasis teknologi yang biasa di sebut E-Learning. E-learning adalah sistem pembelajaran yang memanfaatkan media elektronik sebagai alat untuk membantu kegiatan pembelajaran.(Daryanto, 2010). Pada program ini pihak sekolah atau penyelenggara pendidikan menyediakan sebuah situs  / web e-learning yang menyediakan bahan belajar secara lengkap, baik yang bersifat interaktif maupun non interaktif. Kegiatan siswa dalam mengakses bahan belajar melalui e-learning dapat di deteksi apa yang mereka pelajari, bagaimana kemajuan belajarnya,  berapa skor hasil belajarnya.

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, Indonesia harus segera berbenah dan melakukan banyak inovasi khususnya dalam bidang pendidikan. Beberapa inovasi yang dapat dilakukan ialah dengan menggalakkan teknologi informasi sebagai media pembelajaran seperti teknologi multimedia dan e – learning. Memang tidak semua guru paham dan mengerti tentang perkembangan teknologi tersebut maka dari itu di butuhkan peran pepmerintah dalam mensosialisasikan apa saja yang di butuhkan guru untuk menghadapi revolusi industri 4.0


0 komentar:

Posting Komentar